Sapma PP AKN Bengkalis Tanam Serai Wangi Secara Simbolis



Teks foto: Ketua KNPI DPD Kabupaten Bengkalis, Irmi Syakip Arsalan dan Ketua PC Sapma PP Bengkalis, Mirzal Apriliando, ketika menanam serai wangi di halaman Sekretariat MPC PP Bengkalis, Senin 29 Oktober 2018.


 

BENGKALIS,PPID – Serai wangi merupakan salah satu jenis tanaman minyak atsiri, yang tergolong  berkembang. Dari hasil penyulingan daunnya di peroleh  minyak serai wangi yang dalam perdagangan dikenal dengan nama  “ Citronella Oil of Java”.

Volume ekspor minyak serai wangi di Indonesia beberapa tahun terakhir mengalami penurunan, pada tahun 2002 mencapai 142 ton dengan nilai 1.066.000 US $ dan pada tahun 2004 sebesar 114 ton dengan nilai ekspor sebesar 700.000 US $. Padahal peranan komuditas ini sangat besar  bagi sumber devisa dan pendapatan petani serta penyerapan tenanga kerja.

Melihat potensi ini, Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP) Komisariat Akademi Komuniatas Negeri (AKN) Bengkalis sebagai  organisasi yang bergerak di berbagai bidang pengembangan diri menilai perlu ikut serta dalam pembudidayaan tanaman serai wangi di Indonesia khususnya Kabupaten Bengkalis.

Senin 29 Oktober 2018 Sapma PP Komisariat AKN Bengkalis melaksanakan kegiatan penanaman serai wangi secara simbolis di halaman sekretariat MPC PP Kab. Bengkalis, Jalan A Yani.

Dalam sambutan Ketua Sapma PP Komsat AKN, Irwan Cahyadi berharap Sapma PP Komsat AKN bisa menjadi garda terdepan sebagai penggerak pemuda dan mahasiswa dalam pemanfaatan serai wangi di Kabupaten Bengkalis ini.

“Kami melihat begitu besar potensi serai wangi ini untuk di budidayakan, selain untuk meningkat SDM juga bisa membuka lapangan pekerjaan. Sehingga kami memiliki pemikiran untuk bersama membudidayakan tanaman yang masih dinilai langka dan memiliki nilai ekonomis ini,” pungkas Ketua SAPMA PP Komisariat AKN Bengkalis.

Sementara itu Ketua DPD KNPI Kabupaten Bengkalis Irmi Syakip Arsalan, memberikan apresisasi tinggi atas kegiatan yang dilaksanakan Sapma PP Komisariat AKN Bengkalis, yang memandang tanaman serai wangi memiliki peluang baik secara ekonomi maupun pemanfaatan lahan.

“Kami pada dasarkan sangat mendukung kegiatan ini. Mudaha-mudahan kegiatan ini tidak hanya dilakukan secara simbolis saja. Akan tetapi dapat dibudidayakan dengan baik, sehingga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Dan kami yakin Sapma PP Komisariat AKN Bengkalis, dan rekan-rekan lainnya, mampu menyukseskan dan mewujudkan harapan ini,” terang Irmi Syakip.

Pada kegiatan itu selain Ketua DPD KNPI Kab. Bengkalis Irmy Syakip Arasalan, juga dihadiri Sekretaris MPC PP Kab. Bengkalis Asep Setiawan, Ketua Sapma PP Kab. Bengkalis Mirzal Apriliando, Direktur AKN Bengkalis Alfansuri dan beberapa OKP yang ada di Kabupaten Bengkalis.

 

 

#DISKOMINFOTIK

 


Baca Juga
Tulis Komentar

Copyright © 2020 PPID Kabupaten Bengkalis - Design By TIM IT PPID