Pembukaan Festival Lampu Colok di Desa Pangkalan Batang



Teks foto: Lampu colok yang dilaksanakan pada tahun 2018 lalu.


BENGKALIS – Sebagaimana biasanya, setiap memasuki malam ke-27 Ramadhan atau malam tujuh likur, Pemerintah Kabupaten Bengkalis menggelar Festival Lampu Colok. Pada tahun ini, pembukaan festival ini dipusatkan di Dusun Pahlawan, Desa Pangkalan Batang, Kecamatan Bengkalis, Jumat 31 Mei 2019.

Kepastian lokasi dan jadwal pembukaan Festival Lampu Colok 1440 H ini dibenarkan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Budparpora) Kabupaten Bengkalis, Anharizal, Selasa 28 Mei 2019.

“Sejauh ini, undangan pembukaan Festival Lampu Colok 1440 H ini sudah ditandatangani Bupati Bengkalis dan disebarkan ke para tamu undangan. Insya-Allah, pada malam tujuh likur diresmikan,” ungkap Anharizal.

Sebelum peresmian Festival Lampu Colok, didahulu dengan beberapa agenda, seperti buka bersama dengan masyarakat, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Terkait jumlah peserta Festival Lampu Colok, saat ini jumlah peserta yang sudah mendaftar sudah 70 kelompok. Diperkirakan jumlahnya terus bertambah, mengingat data dari kecamatan belum masuk seluruhnya.

“Pendaftaran baru ditutup pada Kamis 30 Mei 2019. Diperkirakan jumlah akan semakin bertambah. Karena minat dari kelompok masyarakat untuk berpartisipasi dalam Festival Lampu Colok tahun 2019 sangat besar,” ungkap Anharizal.

Adapun syarat dan ketentuan untuk lomba Festival Lampu Colok 2019, yakni dari aspek bangunan, kontruksinya harus kokoh, letak bangunan tidak mengganggu kelancaran aktivitas pengguna jalan, tinggi kontruksi (pintu/menara gerbang) minimal 3,5 meter.

Kemudian dari aspek keamanan, harus memperhatikan kontruksi gerbang dari sisi kanan dan kiri jalan sekitar 5 meter. Sedangkan aspek penilaian, pesan dan kesan yang disampaikan bernuansa Islami, keindahan lampu colok, kerapian menara/gerbang, jumlah lampu colok dan kekompakan antar pengurus. ##DISKOMINFOTIK.

 


Baca Juga
Tulis Komentar

Copyright © 2020 PPID Kabupaten Bengkalis - Design By TIM IT PPID