Wabup Bagus Santoso Goro Bersihkan Parit Bersama Warga Desa Berancah



Teks foto: Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso kala goro membersihkan parit Desa Berancah bersama warga


BENGKALIS – Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis Bagus Santoso melaksanakan gotong royong (goro) bersihkan parit bersama warga di Desa Berancah Jalan Sukarno Hatta RW.009 dan Jalan Kartini RW.005 Jum’at sore 16 Juli 2021.

Aksi bersih-bersih tersebut dilakukan guna membangkitkan semangat gotong royong di tengah masyarakat Kabupaten Bengkalis.

Oleh karenanya orang nomor dua di Negeri Junjungan ini pun hadir dan tak segan-segan berbaur bersama masyarakat menggunakan peralatan bersih-bersih seperti cangkul dan serok.

Gerakan ini selain mengingatkan tentang kebersihan lingkungan, juga guna mempersiapkan Desa Berancah mewakili Kecamatan Bantan untuk mengikuti lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tahun 2021 yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis. 

“Gotong royong ini kita laksanakan dalam rangka mensukseskan lomba BBGRM tingkat Kabupaten Bengkalis, yang mana Desa kita mewakili Kecamatan Bantan,” kata Kades Berancah Turadi.

Ucapan syukur dan terimakasih disampaikan Kades Berancah ini kepada Wabup Bagus Santoso yang berniat langsung terjun ditengah-tengah masyarakat.

“Kami tentu mengucapkan ribuan terima kasih kepada Wakil Bupati yang telah hadir ditengah masyarakat memberikan semangat gotong royong. Termasuk juga atas kegiatan tahunan ini yang diselenggarakan dari pemerintah mendorong kita masyarakat dari gotong royong hidup rukun dan bersih,” ucap Turadi. 

Lanjut Turadi Desa Berancah optimis mampu menjadi desa bersih dengan menghidupkan aksi gotong royong yang sebenarnya telah rutin dilakukan.

Menurut Bagus Santoso manfaat gotong royong selain untuk ligkungan bersih, juga meningkatkan tali silaturahim persaudaraan yang kekal di dalam satu dusun sehingga menjadi kekuatan. Kekuatan untuk membangun desa, kekuatan untuk mengajukan program dari kabupaten, provinsi maupun Pemerintah Pusat.

“Pemerintah Kabupaten Bengkalis apresiasi terhadap budaya gotong royong yang ini sudah diturun temurunkan oleh orang tua terdahulu. Ini tetap akan kita budayakan dan kita bangkitkan terus semangatnya,” ungkap Bagus Santoso.

Dikatakan Bagus Santoso, gerakan bersih-bersih ini diharapkan gencar dialakukan masyarakat dengan dorongan oleh Ketua RW maupun Kepala Desa untuk menciptakan udara yang bersih dan nyaman, serta prilaku hidup bersih.

"Mari semua elemen masyarakat turut berkontribusi meningkatkan kebersihan lingkungan, jika lingkungan kita bersih masyarakat akan sehat dan kesejahteraan akan meningkat. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini nantinya bisa membangkitkan semangat gotong royong ditengah masyarakat," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Bagus Santoso juga menyempatkan diri untuk melihat kegiatan Desawisma Kenanga yang dilakukan PKK Dusun Makmur Desa Berancah.

Selain itu, sebagai wujud kepedulian kepada masyarakatnya, pria yang akrab disapa Mas Bagus ini juga bercengrama bersama sejumlah masyarakat mananyakan keluhan dan kebutuhan di Desa Berancah.

Terhadap mahasiswa KKN STAIN Bengkalis yang kala itu turut terlibat melakukan aksi gotong royong, Bagus Santoso pun mengajak mahasiswa menyuarakan kegiatan positif untuk dilaksanakan.

“KKN turut serta ini menambah gairah dan semangatnya masyarakat desa. Fungsi dari adanya siswa KKN ini selain belajar bermasyarakat sekaligus juga menuangkan ide kreatif,” sambung Bagus. #DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar

Copyright © 2020 PPID Kabupaten Bengkalis - Design By TIM IT PPID