Menyusul Ditemukan Kasus Rubella, Pemkab Bengkalis Bakal Gelar Imunisasi di Tiga Desa





  • Siaran Pers 
  • Nomor: 400.14.4.3/541/KOM.PPIP  
  • Selasa,16 Januari 2024
  • Menyusul Ditemukan Kasus Rubella, Pemkab Bengkalis Bakal Gelar Imunisasi di Tiga Desa
  •  

BENGKALIS - Sehubungan ditemukannya kasus Rubella di beberapa wilayah di Kecamatan Bengkalis, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis bakal menggelar imunisasi.

Lokus terdeteksi Rubella ini adalah Desa Air Putih, Sungai Alam dan Kuala Alam, Kecamatan Bengkalis.

Menyikapi temuan penyakit yang ditimbulkan oleh virus Rubella ini, Pemkab Bengkalis menggelar rapat kewaspadaan yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) dr Ersan Saputra, TH, Selasa 16 Januari 2024.

Rapat yang digelar di Ruang Sekda Bengkalis ini turut dihadiri perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, perwakilan WHO Riau, Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis serta Perangkat Daerah terkait.

Camat Bengkalis dan perwakilan tiga desa yang terjangkiti Rubella juga hadir, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kewaspadaan dan menjadi imbauan bersama yang akan dikoordinasikan hingga ke desa-desa yang terindentifikasi kasus Rubella.

Dengan kondisi ini, Sekda meminta seluruh sektor kesehatan meliputi jajaran Dinkes, Rumah Sakit hingga layanan kesehatan untuk bersiap diri agar kasus Rubella bisa diantisipasi dengan penanganan yang komprehensif.

"Salah satunya dengan pemberian tambahan imunisasi Measles Rubella (MR)," ujar Sekda Ersan.

Diyakini mantan Kadis Kesehatan Bengkalis ini bahwa imunisasi tambahan yang akan diberikan, merupakan cara efektif guna memutus mata rantai penyebaran atau penularan penyakit Rubella.

Guna mempercepat proses imunisasi, Ersan intruksikan Dinkes agar bekerjasama dengan stakeholder terkait. Seperti melakukan imunisasi di sekolah-sekolah serta meminta keterlibatan pihak kecamatan dan aparatur desa guna mendata ulang masyarakat.

"lakukan penyisiran secara seksama melalui door to door, agar tidak ada sasaran yang terlewat. Kemudian lakukan imunisasi sesegera mungkin," ujar Sekda.

Ersan juga kembali mengimbau masyarakat jika menemui gejala demam dan ruam/bintik kemerahan, segera bawa ke Puskesmas atau fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.#DISKOMINFOTIK.

 

 


Baca Juga
Tulis Komentar

Copyright © 2020 PPID Kabupaten Bengkalis - Design By TIM IT PPID