Wujudkan Kemajuan Transportasi, Dishub Bengkalis Gelar Rapat Kajian Master Plan Angkutan Umum Terpad





  • Siaran Pers 
  • Nomor: 400.14.4.3/1094/KOM.PPIP  
    • Rabu,18 September 2024
  • Wujudkan Kemajuan Transportasi, Dishub Bengkalis Gelar Rapat Kajian Master Plan Angkutan Umum Terpadu dan Terintegrasi
  •  

BENGKALIS - Dalam rangka mewujudkan kemajuan transportasi yang aman, nyaman, efektif dan efisien, Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis melalui Bidang Angkutan Darat menggelar rapat penyusunan kajian master plan angkutan umum terpadu dan terintegrasi.

Rapat tersebut, dipimpin langsung Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis Muhammad Adi Pranoto didampingi Kabid Angkutan Darat Rachmad, Rabu 18 September 2024, di ruang rapat Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis.

Adi mengatakan, tujuan rapat penyusunan kajian master plan angkutan umum terpadu dan terintegrasi ini, untuk meningkatkan layanan transportasi baik itu pulau maupun daratan di wilayah Kabupaten Bengkalis serta menciptakan transportasi yang efektif dan efisien.

"Kita terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan transportasi yang nyaman, aman, efektif serta efisien untuk masyarakat. Dengan cara menata kembali transportasi umum yang ada di Kabupaten Bengkalis,"ungkapnya.

Lebih lanjut Adi menjelaskan, ada tiga zona fokus perencanaan yang akan dilakukan penataan transportasi umum terpadu dan terintegrasi yakni wilayah Pulau Bengkalis, wilayah perkotaan Duri dan wilayah Pulau Rupat.

Ketiga wilayah ini, lanjut Adi akan dilakukan pengembangan dan penataan transportasi umum dengan penerapan metode aplikasi terintegrasi. Harapannya kedepan transportasi umum Kabupaten Bengkalis dapat tertata dengan baik, sesuai dengan visi Bupati Bengkalis Kasmarni dan H. Bagus Santoso mewujudkan Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah Maju dan Sejahtera.

"Saat ini kita baru masuk pada perencanaan atau melakukan pengajian bersama para tenaga ahli dari Politeknik Negeri Bengkalis. Kita juga mohon masukan serta saran dari bapak/ibu semua yang hadir, agar perencanaan ini bisa terlaksana dengan baik. Jika ada kekurangan pada perencanaan ini mohon disampaikan, supaya dapat kita perbaiki secara bersama-sama,"pinta Adi.

Pada kesempatan itu juga, Adi menyinggung terkait pelabuhan satu Roro Air Putih Bengkalis, saat ini pembangunannya sudah selesai diperbaiki, namun sedang menunggu usia beton mencapai 80 persen.

"Insyaallah dalam waktu dekat ini kita akan segera mengaktifkan kembali pelabuhan satu Roro Air Putih Bengkalis. Untuk itu kami mohon bersabar dan doanya dari bapak/ibu semua, semoga pelabuhan satu Roro Air Putih Bengkalis segera kembali digunakan,"pungkasnya.

Pada kesempatan itu Bidang Angkutan Darat Nazar memaparkan gambaran umum tentang penyusunan kajian master plan angkutan umum terpadu dan terintegrasi.

Selanjutnya bagian teknis aplikasi serta road map dijelaskan tenaga ahli dari Politeknik Negeri Bengkalis.

Dari hasil rapat tersebut, sejumlah Perangkat Daerah Kabupaten Bengkalis menyambut baik atas inovasi yang direncanakan oleh Dinas Perhubungan Bengkalis. Namun perlu dilakukan kajian yang sesungguhnya. Karena setiap inovasi tidak terlepas dari dampak positif dan negatif.

Yang terpenting lagi, pastikan fasilitas transportasi umum yang ada saat ini sudah dibenahi dan tertata secara baik. Setelah itu baru melakukan perencanaan yang baru untuk kemajuan transportasi Kabupaten Bengkalis.

Turut hadir dalam rapat tersebut, perwakilan dari Bappeda Bengkalis, Disbudparpora, Dinas PMD, Dinas PMPTSP, Diskominfotik Bengkalis serta para tamu undangan terhormat lainnya#DISKOMINFOTIK


 


Tulis Komentar

Copyright © 2020 PPID Kabupaten Bengkalis - Design By TIM IT PPID