Yuk! Cegah DBD dengan 3M Plus

Yuk! Cegah DBD dengan 3M Plus


Indonesiabaik.id - Perlu diketahui, memasuki musim pancaroba, masyarakat perlu mewaspadai dan mengantisipasi serangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Ternyata, Pada awal tahun 2019 telah terjadi KLB DBD dengan peningkatan yang tertinggi di beberapa provinsi di Indonesia diantaranya Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Manado dan Sulawesi Utara (Sulut).

Lalu, apa kiat untuk mencegah tersebarnya DBD? Berdasarkan Kementerian Kesehatan, serangan penyakit DBD dapat dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan  di dalam rumah maupun di luar rumah, antara lain melalui peningkatan yang paling efektif dan efisien sampai saat ini yaitu kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus.

Apa saja kegiatan yang dilakukan di 3M Plus? Kegiatan utamanya yaitu menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain. Kemudian, menutup yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya serta memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

Adapun yang dimaksud dengan Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk.

Kemudian, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah dan terakhir menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain. Jadi, mari kita jaga kesehatan dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan demam berdarah serta aktif untuk bergotong royong melakukan langkah-langkah pencegahan penularan penyakit DBD.


Infografis Sebelumnya


Tulis Komentar